The Latest

Pekalongan, 12 Maret 2022, UKM SPEAC mengadakan pelatihan administrasi atau yang lebih dikenal dengan training of administration di rumah salah satu pengurus yang bertempat di buaran.

Dalam acara ini UKM SPEAC memgangkat tema " Optimizing Administrative Order for Ideal Organization". Melalui sambutannya ketua UKM Speac mengatakan bahwa " suksesnya organisasi tidak pernah luput dari tertibnya administrasi"


Acara ini dihadiri oleh sebagian besar pengurus dan materi diisi oleh Ihza Maulina selaku Sekretaris SEMA Institut.
Harapannya setelah kegiatan ini selesai para pengurus paham dan mengerti administrasi di lingkup IAIN Pekalongan.

Acara berjalan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kajen, 24 Februasri 2022. Menindaklanjuti pra-raker kemarin UKM SPEAC mengadakan RAKER guna mematangkan program kerja yang telah disusun sebelumnya dalam pra-raker. Acara tersebut dihadiri oleh pembina UKM SPEAC Bapak M. Jauhari Sofi., M.A beserta jajaran pengurus periode 2022 yang terdiri dari BPH dan 2 wakil dari masing-masing divisi.

Acara yang dimulai tepat pukul 09:00 WIB  tersebut, Bapak Jauhari dalam sambutannya menyampaikan agar UKM SPEAC membuat program kerja yang bukan hanya meningkatkan kapasitas saja, melainkan juga mengasah keterampilkan untuk menyumbang prestasi kebahasaan arab dan inggris, seperti debate, speech, dan story telling. H al tersebut tentu dapat meningkatkan eksistensi UKM SPEAC di wilayah IAIN PEKALONGAN. 

Selain itu, beliau juga berpesan untuk lebih aktif melaporkan kinerja organisasi dalam bentuk virtual yang diletakkan dalam rumah virtual UKM SPEAC.

Acara ini berjalan lancar dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

 

 

Kajen -  21 februari 2022 bertempat Aula gedung fasya Kampus 2 IAIN Pekalongan. Dengan menggunakan protokol kesehatan secara ketat, dan peserta dari perwakilan dari masing-masing ormawa institut, kegiatan ini berjalan setiap satu periode sekali dimana Sidang Raya Institut ini merupakan penetapan program kerja ormawa selama satu periode kedepan dan ditetapkan oleh SEMA-I. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan di buka oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Kemudian dilanjutkan dengan materi Manajemen Keuangan yang diisi oleh bendahara institute, dimana materi ini menjelaskan tentang mekanisme alur pencairan dana DIPA dan tanya jawab kepada peserta sidang raya.

Setelah selesai dilanjutkan dengan Sidang Pleno I membahas Tata Tertib jalannya persidangan ini. Lalu dilanjutkan dengan Sidang Pleno II yaitu pemaparan dan sinkronisasi program kerja ormawa. Diawali dengan pemaparan dari SEMA,DEMA,UKM Speac dan ormawa lainnya. UKM Speac di diwakili oleh Ketua, Wakil Ketua dan Bendahara memaparkan program kerja yang menggunakan DIPA yaitu ada Webinar Internasional, Penerbitan Karya, TOEFL-TOAFL, Halaqoh dan IBLC ( Inspiring Bilingual Leadership Camp) dan juga memaparkan beberapa program unggulan yang tidak mengunakan Dipa, salah satunya ada Study  Club, Pelatihan-pelatihan, Forum Grup Discussion dan lain-lain. Setelah selesai ada sesi tanya jawab oleh SEMA,DEMA dan ormawa lainnya. Lalu dilanjutkan oleh ormawa lain. Setelah itu ada materi Manajemen Kegiatan yang diisi oleh Bapak Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Di materi ini dijelaskan system penjaminan mutu ormawa, manajemen resiko kegiatan dan pendanaan kegiatan. Setelah selesai dilanjutkan kembali pemaparan dan sinkronisasi program kerja ormawa hingga selesai.

‘KOBARKAN SEMANGAT KEPEMIMPINAN DALAM BINGKAI KEBAHASAAN’

 

Doro -  12-13 februari 2022 bertempat di Dk. Kasotengah salah satu rumah pengurus UKM SPEAC. Dengan menggunakan protokol kesehatan secara ketat, dan peserta yang berjumlah 30 orang, kegiatan ini berjalan setiap satu periode sekali dimana pra raker dan makrab ini merupakan langkah awal dalam merencanakan, menyusun dan menetapkan program kerja selama satu tahun kedepan dan juga sebagai pengenalan atau pengakraban kepada pengurus-pengurus baru periode 2022. Dalam sambutannya di pembukaan Tedi Sigit selaku Ketua UKM Speac berpesan kepada anggotanya agar tetap saling bahu membahu, kerja sama, saling merangkul, solid dan mengedepankan asas kekeluargaan.

 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan lalu di lanjutkan dengan materi ke-Speac an dan manajemen organisasi. Setelah itu para pengurus membahas program kerja selama satu tahun kedepan, berbagai inovasi-inovasi program kerja disampaikan dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh demisioner UKM Speac dari periode sebelumnya. Di kegiatan pengakraban ini diisi oleh games dan juga bakar-bakar. Kegiatan ini diakhiri dengan sejuk pagi yaitu jalan-jalan pagi di sekitar dukuh kaso tengah, ke wisata tapak menjangan.                        

Harapan setelah kegiatan ini para pengurus mempersiapkan untuk memulai program kerja di bulan februari dan para pengurus benar-benar memahami tupoksinya masing-masing. Para pengurus juga diharapkan sudah mulai ada kesolidan dan chemistry agar memudahkan dalam menjalankan sebuah program kerja.

 

OPEN RECRUITMENT UKM SPEAC 2022

[ OPEN RECRUITMENT ]

UKM SPEAC IAIN Pekalongan is looking for people who have a great interest in foreign languages, especially English and Arabic, to be a part of

SPEAC FUNCTIONARIES 2022

 

*Timeline*

Pendaftaran: 6-14Januari 2022

Screening: 15 dan 16 Januari 2022

 

*Qualifications*

- Member aktif UKM SPEAC IAIN Pekalongan semester 1 & 3

- Bertanggung jawab dan berkomitmen sampai akhir kepengurusan

- Aktif dan semangat dalam berorganisasi

-  Willing to learn

- Menyiapkan CV

- Menyiapkan Motivation Letter/Video

- *Mampu berbahasa Inggris atau Arab (poin spesial)* 

 

*Benefit*

- Memperluas jaringan relasi

- Mendapat pengalaman berharga

- Melatih leadership, public speaking, dan problem solving skill

- Melatih skill berbahasa Arab dan Inggris

- Tiket VIP segala event UKM SPEAC

 

Register yourself by filling out the form below:

https://bit.ly/OprecPengurusSpeac2022

_link berkas|ketentuan motivation letter/video_

https://bit.ly/BerkasOprecSpeac2022

Aksi Speac merupakan progam bulanan dari UKM SPEAC IAIN Pekalongan. Bertujuan untuk memperkenalkan bahasa asing sejak dini, bukan hanya untuk orang dewasa ataupun mereka yang duduk di bangku sekolah saja. Tapi Aksi Speac ini ditujukan untuk khalayak umum agar senantiasa mempelajari bahasa asing dimanapun berada. Terutama untuk anak-anak usia dini yang masih giat-giatnya dalam membaca.

Aksi Speac merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh pengurus SPEAC, dengan sistem melakukan pemasangan stiker di berbagai tempat seperti; taman kanak-kanak, sekolah dan perpustakaan. Stiker tersebut bertuliskan nama-nama benda sekitar dengan tiga bahasa yaitu bahasa Inggris, bahasa Arab dan Indonesia.

Mengapa melakukan pemasangan stiker tersebut ke benda-benda sekitar? Katena itulah tujuan dari Aksi Speac, mengenalkan bahasa Asing di mulai dari pemahaman tentang benda-benda sekitar yang biasa ditemui. Dengan maksud siapapun yang melihat stiker itu akan membaca dan juga mengingat bahasa asing dari benda itu.

Adanya Aksi SPEAC ini juga bertujuan untuk meningkatkan solidaritas antar anggota SPEAC
dan juga sebagai usaha peningkatan kreativitas dari setiap anggota, membangun jiwa kebersamaan, dalam upaya meningkatkan kualitas pemahaman bahasa.

Tidak ada bosannya SPEAC melaksanakan proker ini, karena bagi UKM SPEAC mengenalkan bahasa asing kepada mereka khalayak umum merupakan tujuan pengenalan bahasa yang sesungguhnya. Harapannya Semoga Aksi SPEAC ini bermanfaat dan semakin memudahkan untuk belajar bahasa asing.

Alhamdulillah UKM SPEAC IAIN PEKALONGAN berkesempatan mendistribusikan karya buku UKM SPEAC yang berjudul "Buku Praktis Percakapan 3 Bahasa" di berbagai perpustakaan. Diantaranya; perpustakaan IAIN Pekalongam, perpustakaan Kabupaten Pekalongan, Perpustakaan Kota Pekalongan, dan Perpustakaan Batang.

Semoga dengan dibagikannya karya buku dari UKM Speac ini bisa meningkatkan minat baca, pemahaman bahasa dan juga dapat meningkatkan literasi dikalangan masyarakat sekitar.

Pengurus UKM SPEAC IAIN Pekalongan menggelar acara halal bi halal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di Bojong, 23 Mei 2021. Acara ini sekaligus untuk mengadakan rapat dan pematangan lebih jauh tentang program kerja yang akan dilakukan setelah lebaran. Halal bi halal ini juag diselingi dengan bakar-bakar dan makan bersama guan menambah keakraban dan kekompakan serta menjalin silaturahmi antarpengurus.

Ketua UKM SPEAC Nirma Ilmiyah mengaku sangat bahagia dan terharu dengan kinerja dan program kerja yang telah dilaksanakan. "Saya berterimakasih, bahagia dan bangga bisa bersama kalian ini bisa melaksanakan program yang sudah kita rancang bersama. Saya juga yakin dan percaya bahwa kita bisa berbuat lebih banyak dan baik lagi jika melakukan secara bersama-sama. Maka dari itu, saya minta kepada para pengurus untuk bisa tetap jaga solidaritas, keakraban, dan saling membantu serta bertanggungjawab dalam program yang telah kita rencanakan bersama. Itu bisa telaksanakan dengan baik sesuai harapan kita jika kita mempercayai dan berusaha." Ungkap Nirma dengan penuh semangat.

Nirma berharap kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik ini dapat terus dikembangkan. Selain itu, kinerja para pengurus bisa lebih baik dari sebelumnya dan dapat dirasakan manfaatnya bagi diri sendiri dan semua orang.

 

Kegiatan keagamaan menjadi rutinitas tersendiri dalam bulan suci ramadhan, salah satunya adalah khataman quran. Dalam kondisi pandemi covid-19 ini tidak menjadi penghalang UKM SPEAC untuk mengadakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan setiap anak membaca 1juz dalam seminggu hingga penghujung ramadhan.

Khataman quran dilaksanakan secara daring pada tanggal 10 Mei 2021 pukul 16:00 WIB sampai menjelang adzan maghrib tiba melalui google meet. Kegiatan diisi dengan pembacaan juz 30 secara bergilir dilanjutkan dengan doa khataman quran dan diakhir dengan membaca shalawat bersama-sama.

“Program khotmil Alquran  secara daring diadakan agar semangat membaca quran tetap terpelihara walaupun di masa pendemi sekarang ini. Tidak bertemu bukan berarti tidak bisa dilaksanakan. Di era yang modern ini, kita bisa menghilangkan jarak yang ada dengan memanfaatkan teknologi. Harapannya agar semua orang tetap memlantunkan ayat suci Alquran di kondisi apapun." Ungkap Nur Salma Fitria anggota Divisi PR UKM SPEAC

Berbeda dengan serries I Speac Talk di serries II ini memfokuskan pembahasannya mengenai bahasa Arab.
Tema yang di angkat adalah: "Qowaid Nahwu"

Kali ini Speac mendatangkan narasumber dari luar yaitu Bapak Imam Syafi'i,M.Pd  tidak lain beliau adalah salah satu dosen di IAIN Pekalongan.

Speac Talk serries II dilaksanakan Minggu, 2 Mei 2021 pukul 15.30 secara virtual.

Dengan sasaran yang sama yaitu seluruh anggota Speac dan pengurus Speac. Pertemua kedua secara virtual tidak menjadikan berkurangnya peserta yang mengikuti acara. Nampak para anggota dan pengurus Speac lebih antusis dari Speac Talk serries I. Mereka lebih aktif bertanya dan memberikan respon terhadap pemateri tentang Qowaid Nahwu.

Narasumber mengupas tuntas tentang Qowaid Nahwu dan memberikan penjelasan mengenai manfaat mempelajari Qowaid Nahwu, diantaranya adalah Memudahkan dalam menentukan harakat bahas Arab khususnya yang tidak berharokat seperti kitab kuning/gundul.
Dan memudahkan dalam memahami sebuah kalimat dalam bahasa Arab.

Speac Talk serries II ini  cukup seru dengan adanya tanya jawab tentang qowaid nahwu dari narasumber kepada para peserta.

Speac Talk Ramadhan dua serries ini, baik serries kedua ataupun yang pertama semua berjalan dengan baik dan lancar. Nampaknya Speac sangat sukses melaksanakn proker di bulan Ramadhan. Mengusung tema tentang bahasa dengan tujuan menuai keberkahan ramadhan dengan cinta bahasa.

Page 1 of 3
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree