The Latest

Aksi Speac merupakan progam bulanan dari UKM SPEAC IAIN Pekalongan. Bertujuan untuk memperkenalkan bahasa asing sejak dini, bukan hanya untuk orang dewasa ataupun mereka yang duduk di bangku sekolah saja. Tapi Aksi Speac ini ditujukan untuk khalayak umum agar senantiasa mempelajari bahasa asing dimanapun berada. Terutama untuk anak-anak usia dini yang masih giat-giatnya dalam membaca.

Aksi Speac merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seluruh pengurus SPEAC, dengan sistem melakukan pemasangan stiker di berbagai tempat seperti; taman kanak-kanak, sekolah dan perpustakaan. Stiker tersebut bertuliskan nama-nama benda sekitar dengan tiga bahasa yaitu bahasa Inggris, bahasa Arab dan Indonesia.

Mengapa melakukan pemasangan stiker tersebut ke benda-benda sekitar? Katena itulah tujuan dari Aksi Speac, mengenalkan bahasa Asing di mulai dari pemahaman tentang benda-benda sekitar yang biasa ditemui. Dengan maksud siapapun yang melihat stiker itu akan membaca dan juga mengingat bahasa asing dari benda itu.

Adanya Aksi SPEAC ini juga bertujuan untuk meningkatkan solidaritas antar anggota SPEAC
dan juga sebagai usaha peningkatan kreativitas dari setiap anggota, membangun jiwa kebersamaan, dalam upaya meningkatkan kualitas pemahaman bahasa.

Tidak ada bosannya SPEAC melaksanakan proker ini, karena bagi UKM SPEAC mengenalkan bahasa asing kepada mereka khalayak umum merupakan tujuan pengenalan bahasa yang sesungguhnya. Harapannya Semoga Aksi SPEAC ini bermanfaat dan semakin memudahkan untuk belajar bahasa asing.

Alhamdulillah UKM SPEAC IAIN PEKALONGAN berkesempatan mendistribusikan karya buku UKM SPEAC yang berjudul "Buku Praktis Percakapan 3 Bahasa" di berbagai perpustakaan. Diantaranya; perpustakaan IAIN Pekalongam, perpustakaan Kabupaten Pekalongan, Perpustakaan Kota Pekalongan, dan Perpustakaan Batang.

Semoga dengan dibagikannya karya buku dari UKM Speac ini bisa meningkatkan minat baca, pemahaman bahasa dan juga dapat meningkatkan literasi dikalangan masyarakat sekitar.

Pengurus UKM SPEAC IAIN Pekalongan menggelar acara halal bi halal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di Bojong, 23 Mei 2021. Acara ini sekaligus untuk mengadakan rapat dan pematangan lebih jauh tentang program kerja yang akan dilakukan setelah lebaran. Halal bi halal ini juag diselingi dengan bakar-bakar dan makan bersama guan menambah keakraban dan kekompakan serta menjalin silaturahmi antarpengurus.

Ketua UKM SPEAC Nirma Ilmiyah mengaku sangat bahagia dan terharu dengan kinerja dan program kerja yang telah dilaksanakan. "Saya berterimakasih, bahagia dan bangga bisa bersama kalian ini bisa melaksanakan program yang sudah kita rancang bersama. Saya juga yakin dan percaya bahwa kita bisa berbuat lebih banyak dan baik lagi jika melakukan secara bersama-sama. Maka dari itu, saya minta kepada para pengurus untuk bisa tetap jaga solidaritas, keakraban, dan saling membantu serta bertanggungjawab dalam program yang telah kita rencanakan bersama. Itu bisa telaksanakan dengan baik sesuai harapan kita jika kita mempercayai dan berusaha." Ungkap Nirma dengan penuh semangat.

Nirma berharap kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik ini dapat terus dikembangkan. Selain itu, kinerja para pengurus bisa lebih baik dari sebelumnya dan dapat dirasakan manfaatnya bagi diri sendiri dan semua orang.

 

Kegiatan keagamaan menjadi rutinitas tersendiri dalam bulan suci ramadhan, salah satunya adalah khataman quran. Dalam kondisi pandemi covid-19 ini tidak menjadi penghalang UKM SPEAC untuk mengadakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan setiap anak membaca 1juz dalam seminggu hingga penghujung ramadhan.

Khataman quran dilaksanakan secara daring pada tanggal 10 Mei 2021 pukul 16:00 WIB sampai menjelang adzan maghrib tiba melalui google meet. Kegiatan diisi dengan pembacaan juz 30 secara bergilir dilanjutkan dengan doa khataman quran dan diakhir dengan membaca shalawat bersama-sama.

“Program khotmil Alquran  secara daring diadakan agar semangat membaca quran tetap terpelihara walaupun di masa pendemi sekarang ini. Tidak bertemu bukan berarti tidak bisa dilaksanakan. Di era yang modern ini, kita bisa menghilangkan jarak yang ada dengan memanfaatkan teknologi. Harapannya agar semua orang tetap memlantunkan ayat suci Alquran di kondisi apapun." Ungkap Nur Salma Fitria anggota Divisi PR UKM SPEAC

Berbeda dengan serries I Speac Talk di serries II ini memfokuskan pembahasannya mengenai bahasa Arab.
Tema yang di angkat adalah: "Qowaid Nahwu"

Kali ini Speac mendatangkan narasumber dari luar yaitu Bapak Imam Syafi'i,M.Pd  tidak lain beliau adalah salah satu dosen di IAIN Pekalongan.

Speac Talk serries II dilaksanakan Minggu, 2 Mei 2021 pukul 15.30 secara virtual.

Dengan sasaran yang sama yaitu seluruh anggota Speac dan pengurus Speac. Pertemua kedua secara virtual tidak menjadikan berkurangnya peserta yang mengikuti acara. Nampak para anggota dan pengurus Speac lebih antusis dari Speac Talk serries I. Mereka lebih aktif bertanya dan memberikan respon terhadap pemateri tentang Qowaid Nahwu.

Narasumber mengupas tuntas tentang Qowaid Nahwu dan memberikan penjelasan mengenai manfaat mempelajari Qowaid Nahwu, diantaranya adalah Memudahkan dalam menentukan harakat bahas Arab khususnya yang tidak berharokat seperti kitab kuning/gundul.
Dan memudahkan dalam memahami sebuah kalimat dalam bahasa Arab.

Speac Talk serries II ini  cukup seru dengan adanya tanya jawab tentang qowaid nahwu dari narasumber kepada para peserta.

Speac Talk Ramadhan dua serries ini, baik serries kedua ataupun yang pertama semua berjalan dengan baik dan lancar. Nampaknya Speac sangat sukses melaksanakn proker di bulan Ramadhan. Mengusung tema tentang bahasa dengan tujuan menuai keberkahan ramadhan dengan cinta bahasa.

SPEAC kembali melaksanakan proker terbaru yaitu Speac Talk Spesial Ramadhan. Speac Talk ramadhan ini dibagi menjadi dua Serries. Dimana dilaksanakan setiap hari minggu dalam waktu yang di tentukan.

Speac talk Ramadhan kali ini cukup berbeda dari biasanya, karena di laksanakan secara virtual. Dengan sasaran seluruh anggota SPEAC dan pengurus SPEAC. Tujuan di adakannya Speac talk ramadhan ini untuk menjadikan ramadhan semakin bermanfaat dengan lebih mempelajari bahasa asing.

*Serries 1
Pada Serries #1 memfokuskan pembahasan mengenai bahasa Inggris.
Tema yang diangkat adalah " The importance of learning english. How to conquer the problems in it?"

Dengan dua narasumber hebat dari Divisi.Inggris
1. Gangsar Bima Nur Lemocyn
2. Nurus Syarifah

Speac Talk series #1 ini dilaksanakan hari Minggu, 25 April 2021 pukul 15.30 secara virtual.

Secara virtual tidak menjadikan semangat pudar. Masih saja banyak yang mengikuti acara ini dengan sangat antusias hingga berakhirnya acara.

Kedua narasumber sangat kompak dan cukup detail menjabarkan pembahasannya. Mengupas tuntas tentang "Kenapa bahasa Inggris menjadi penting untuk di pelajari? Dan adakah cara yang mudah untuk mempelajari bahasa inggris?."

Menurut narasumber Bahasa Inggris menjadi penting dipelajari sebab memudahkan manusia terhubung satu sama lain di era globalisasi, begitu juga karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting untuk dipelajari.

Adapun Cara mudah untuk belajar bahasa Inggris adalah Tidak terburu-buru. Maksudnya, harus dimulai dari langkah yang sederhana, karena penyebab sulit belajar adalah tidak sabar ataupun terburu-buru. Contoh langkah awal yang bisa kita mulai dalam belajar bahasa inggris adalah dengan belajar vocab, dilanjut listening, praktik pronunciation, setelah itu belajar grammar.
Tidak terburu-buru namun mengikuti di setiap tahapannya.

Jajarwayang, 27 April 2021. Divisi PR UKM SPEAC IAIN PEKALONGAN sebagai forum relasi di UKM SPEAC mengadakan program pesantren ramadhan untuk anak-anak di Desa Jajarwayang.

Kali ini mereka turun langsung ke desa tapi tetap menaati aturan protokol kesehatan dan pembatasan kerumunan. Dalam program ini, seluruh anak Desa Jajarwayang mendapatkan ilmu mengenai bahasa Arab, bahasa Inggris, dan keagamaan yang disampaikan dalam tiga bahasa.

Ketua pelaksana, Luqi Intalia menjelaskan bahwa program ini hanya berlangsung satu hari saja, materi yang disampaikan diringkas dengan baik dan jelas agar anak-anak dapat memahaminya dengan baik dan benar.

“Speac Goes to Village yang digabungkan dengan pesantren ramadhan ini merupakan salah dua dari program unggul dari divisi PR. Kami ingin membagikan hasil belajar bahasa kami di UKM SPEAC kepada anak-anak di sini. Harapannya bisa menumbukan cinta bahasa dalam diri anak-anak.” Ungkap Faiqatul Mutia selaku Koordianator Divisi PR.

Luqi Intalia menambahkan bahwa kegiatan ini tidak dilakukan oleh divisi PR saja tapi juga oleh seluruh pengurus UKM SPEAC periode 2021 dan menjadi sarana menambah keakraban antarpengurus selain menambah ketaqwaan di dalam bulan suci ini.

Senin, 4 April 2021, UKM SPEAC IAIN PEKALONGAN mengadakan kegiatan web seminar internasional yang bertemakan “Expanding the World BY Winning Scholarship”. Kegiatan ini membahas dengan tuntas mengenai bagaimana cara mendapatkan pendidikan ke-4 benua yang dihadiri 100 peserta lebih. Kegiatan ini diadakan secara daring dikarenakan adanya wadah virus corona yang melanda. Webinar internasional ini diisi oleh empat pembicara yaitu,

  1. Muhammad Ardafillah ( Australian National University)
  2. Dhiya Fakhri Abidin ( Dawa University Instittute for Islamic Studies, Lebanon)
  3. Muhammad Syukron ( University of Missouri, Columbia)
  4. Eva Andriyani ( University of Leeds, UK)

Pembicara-pembicara tersebut merupakan salah satu dari putra-putri Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri dengan beasiswa. Dan dipandu oleh moderator yang luar biasa yaitu, Gandies Puspitasari (Volunteer at Great of Pekalongan) dan Fika Indah Febriyani ( Awardee Bright Scholarship Undip).

Webinar merupakan salah satu kegiatan dalam program kerja tahunan UKM SPEAC IAIN PEKALONGAN periode 2021. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memicu semangat mahasiswa untuk tetap tidak pernah  mengubur mimpinya untuk belajar di luar negeri dan memicu semangat belajar bahasa selain bahasa ibu.

SPEAC GATHERING 2021

Pada hari Minggu, tanggal 10 Januari 2021 UKM SPEAC mengadakan acara yang dinamakan “SPEAC GATHERING”. Acara ini berlangsung satu hari satu malam yang dimulai pada minggu siang pukul 14.00 WIB bertempat di rumah salah satu pengurus UKM SPEAC. Event ini merupakan salah satu kegiatan dari UKM SPEAC IAIN Pekalongan yang bertujuan untuk membentuk karakter para pengurus UKM SPEAC, keakraban antar sesama pengurus, dan pembenahan mengenai visi, misi, serta tata tertib dalam masa kepengurusan 2021.

Acara ini diawali dengan sharing materi mengenai personal branding dan lobbying yang disampaikan oleh Israni, S.Ag. Beliau menyampaikan kunci-kunci untuk melakukan personal branding dan lobbying. Kunci untuk membranding diri sendiri salah satunya yaitu mempunyai skill public speaking. Hal selanjutnya yaitu lobbying yang membahas mengenai hal-hal yang diperhatikan dalam melobbi. Acara selanjutnya yaitu pembahasan mengenai materi ke-SPEAC-an yang disampaikan oleh Syahrul Adlul Gani yang meliputi tentang asal muasal lahirnya UKM SPEAC, makna dari logo dan warna ciri khas dari UKM SPEAC, beserta deretan nama para ketua UKM SPEAC sebelumnya. Setelah selesai kemudian dilanjutkan dengan work meeting.

Work meeting dilakukan pada malam harinya yang bertujuan untuk membahas program kerja(proker) yang akan dijalankan oleh UKM SPEAC selama satu periode. Program kerja ini dibentuk berdasarkan sistem pembagian perdivisi. Jadi, setiap devisi mempunyai program kerja yang harus dituntaskan selama satu periode. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai visi, misi, dan penyusunan jadwal piket para pengurus UKM SPEAC.

SPEAC GATHERING 2021 diakhiri dengan makan pagi bersama. Dengan melakukan makan pagi bersama dapat saling mendalami dan lebih mengenai antara yang satu dengan yang lainnya serta meningkatkan keharmonisan antar sesama pengurus.

Setelah menjalankan kepengurusan UKM SPEAC pada periode 2020, maka tibalah saatnya pada agenda penutup yang sekaligus menjadi kegiatan vital bagi UKM SPEAC yaitu, Conference of UKM SPEAC. Kegiatan tersebut berisi berbagai sidang penting seperti pembahasan AD & ART, laporan pertanggung jawaban, dan pemilihan ketua umum UKM SPEAC untuk periode berikutnya.

Kegiatan tersebut dilaksakanan pada hari Sabtu-Ahad, 5-6 Desember 2020, di Balai Desa Sumurjomblangbogo, Bojong.  Seperti yang sudah disebutkan di awal, kegiatan ini bertujuan untuk membahas berbagai hal penting yang pada pelaksanannya terbagi pada beberapa sidang.

Acara ini dihadiri dan dibuka oleh pembina UKM SPEAC periode 2020, Bapak Muhammad Jauhari Sofi, M. A., dan dihadiri oleh pengurus, demisioner, dan anggota UKM SPEAC. Karena masih dalam keadaan pandemi, tentunya terdapat pembatasan jumlah peserta. Protokol kesehatan juga tidak lupa menjadi salah satu hal yang diperhatikan.

Setelah dibuka oleh pembina, acara dilanjutkan sesuai rundown yang telah disusun. Sepanjang acara tidak terdapat banyak kendala yang berarti, adapun beberapa hal yang sempat menjadi masalah telah diatasi dengan baik oleh panitia. Pada bagian akhir dari kegiatan ini dilakukanlah pemilihan ketua umum UKM SPEAC periode 2021. Dari sekian kandidat yang memungkinkan, akhirnya pilihan para peserta konferensi mengerucut pada dua nama yaitu Suwandi Aris Wibowo (KPI/ semester 3) dan Nirma Ilmiyah (Tadris MTK/ semester 3). Pemilihan dilakukan pada tahap berikutnya dan suara terbanyak dimenangkan oleh Nirma Ilmiyah. Dengan hasil tersebut maka ia terpilih untuk menjadi ketua umum UKM SPEAC periode 2021. Setelah terpilihnya ketua baru, dilakukanlah penyerahan amanah secara simbolik oleh Arif Muslikhul (Ekosy/ semester 7) selaku ketua umum periode 2020 kepada Nirma Ilmiyah telah terpilih untuk melanjutkan estafet kepemimpinan UKM SPEAC pada periode berikutnya. Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi penutupan yang menandai berakhirnya agenda Conference of UKM SPEAC 2020

 

Page 1 of 3
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree