Kegiatan

SPEAC GATHERING 2021

Pada hari Minggu, tanggal 10 Januari 2021 UKM SPEAC mengadakan acara yang dinamakan “SPEAC GATHERING”. Acara ini berlangsung satu hari satu malam yang dimulai pada minggu siang pukul 14.00 WIB bertempat di rumah salah satu pengurus UKM SPEAC. Event ini merupakan salah satu kegiatan dari UKM SPEAC IAIN Pekalongan yang bertujuan untuk membentuk karakter para pengurus UKM SPEAC, keakraban antar sesama pengurus, dan pembenahan mengenai visi, misi, serta tata tertib dalam masa kepengurusan 2021.

Acara ini diawali dengan sharing materi mengenai personal branding dan lobbying yang disampaikan oleh Israni, S.Ag. Beliau menyampaikan kunci-kunci untuk melakukan personal branding dan lobbying. Kunci untuk membranding diri sendiri salah satunya yaitu mempunyai skill public speaking. Hal selanjutnya yaitu lobbying yang membahas mengenai hal-hal yang diperhatikan dalam melobbi. Acara selanjutnya yaitu pembahasan mengenai materi ke-SPEAC-an yang disampaikan oleh Syahrul Adlul Gani yang meliputi tentang asal muasal lahirnya UKM SPEAC, makna dari logo dan warna ciri khas dari UKM SPEAC, beserta deretan nama para ketua UKM SPEAC sebelumnya. Setelah selesai kemudian dilanjutkan dengan work meeting.

Work meeting dilakukan pada malam harinya yang bertujuan untuk membahas program kerja(proker) yang akan dijalankan oleh UKM SPEAC selama satu periode. Program kerja ini dibentuk berdasarkan sistem pembagian perdivisi. Jadi, setiap devisi mempunyai program kerja yang harus dituntaskan selama satu periode. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai visi, misi, dan penyusunan jadwal piket para pengurus UKM SPEAC.

SPEAC GATHERING 2021 diakhiri dengan makan pagi bersama. Dengan melakukan makan pagi bersama dapat saling mendalami dan lebih mengenai antara yang satu dengan yang lainnya serta meningkatkan keharmonisan antar sesama pengurus.

Setelah menjalankan kepengurusan UKM SPEAC pada periode 2020, maka tibalah saatnya pada agenda penutup yang sekaligus menjadi kegiatan vital bagi UKM SPEAC yaitu, Conference of UKM SPEAC. Kegiatan tersebut berisi berbagai sidang penting seperti pembahasan AD & ART, laporan pertanggung jawaban, dan pemilihan ketua umum UKM SPEAC untuk periode berikutnya.

Kegiatan tersebut dilaksakanan pada hari Sabtu-Ahad, 5-6 Desember 2020, di Balai Desa Sumurjomblangbogo, Bojong.  Seperti yang sudah disebutkan di awal, kegiatan ini bertujuan untuk membahas berbagai hal penting yang pada pelaksanannya terbagi pada beberapa sidang.

Acara ini dihadiri dan dibuka oleh pembina UKM SPEAC periode 2020, Bapak Muhammad Jauhari Sofi, M. A., dan dihadiri oleh pengurus, demisioner, dan anggota UKM SPEAC. Karena masih dalam keadaan pandemi, tentunya terdapat pembatasan jumlah peserta. Protokol kesehatan juga tidak lupa menjadi salah satu hal yang diperhatikan.

Setelah dibuka oleh pembina, acara dilanjutkan sesuai rundown yang telah disusun. Sepanjang acara tidak terdapat banyak kendala yang berarti, adapun beberapa hal yang sempat menjadi masalah telah diatasi dengan baik oleh panitia. Pada bagian akhir dari kegiatan ini dilakukanlah pemilihan ketua umum UKM SPEAC periode 2021. Dari sekian kandidat yang memungkinkan, akhirnya pilihan para peserta konferensi mengerucut pada dua nama yaitu Suwandi Aris Wibowo (KPI/ semester 3) dan Nirma Ilmiyah (Tadris MTK/ semester 3). Pemilihan dilakukan pada tahap berikutnya dan suara terbanyak dimenangkan oleh Nirma Ilmiyah. Dengan hasil tersebut maka ia terpilih untuk menjadi ketua umum UKM SPEAC periode 2021. Setelah terpilihnya ketua baru, dilakukanlah penyerahan amanah secara simbolik oleh Arif Muslikhul (Ekosy/ semester 7) selaku ketua umum periode 2020 kepada Nirma Ilmiyah telah terpilih untuk melanjutkan estafet kepemimpinan UKM SPEAC pada periode berikutnya. Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi penutupan yang menandai berakhirnya agenda Conference of UKM SPEAC 2020

 

Periode kepengurusan UKM SPEAC tahun 2020 merupakan periode yang penuh tantangan. Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat segenap pengurus SPEAC 2020 untuk menelurkan sebuah karya berupa buku yang berjudul “Buku Praktis Percakapan 3 Bahasa”. Buku tersebut dibuat selain sebagai bentuk karya organisasi mahasiswa, juga ditunjukkan untuk menghadirkan media pembelajaran untuk berlatih percakapan tiga bahasa secara praktis dan bisa dilakukan oleh berbagai golongan.


Digagas sejak mendekati pertangahan tahun, buku tersebut akhirnya dapat diluncurkan pada hari Sabtu, 5 Desember 2020. Acara launching tersebut dilakukan di Balai Desa Sumurjomblangbogo, Bojong. Hadirin pada kegiatan tersebut sengaja dibatasi sehingga hanya diikuti oleh pembina, ketua berserta pengurus, serta anggota UKM SPEAC.


Acara launching dilakukan secara sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dimulai dengan pembukaan kemudian ditampilkan sebuah video peluncuran Buku Percakapan 3 Bahasa. Tidak lupa juga sambutan dan pengarahan dari pembina UKM SPEAC 2020, Bapak Muhammad Jauhari Sofi, M.A.
Kegiatan tersebut berjalan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Pada akhir acara dilakukan penyerahan karya oleh Ketua UKM SPEAC, Arif Muslikhul, Kepada Bapak Jauhari Sofi, M. A. selaku pembina. Buku tersebut sudah didistribusikan ke perpustakaan nasional, perpustakaan provinsi, dan rencananya akan disalurkan juga ke perpustakaan kampus dan beberapa perpustakaan umum di Pekalongan dan sekitarnya. Selain dalam bentuk cetak, karya tersebut juga tersedia dalam bentuk ebook yang bisa diakses melalui Google Play dan Google Books.

Pelatihan Kompetensi Bahasa Asing

Sedikit Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Kegiatan Pelatihan Kompetensi Bahasa Asing Sukses Dilaksanakan

                Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di kampus, UKM SPEAC mengadakan kegiatan yang diberi tajuk “Pelatihan Kompetensi Bahasa Asing” atau bisa disingkat PKBA. Dalam PKBA terdapat dua macam pelatihan yaitu pelatihan TOEFL dan pelatihan TOAFL. Sasaran utama kegiatan ini adalah mahasiswa IAIN Pekalongan semester lima atau lebih dan juga pengurus UKM SPEAC. Masing-masing dari pelatihan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta dan dilakukan dalam dua hari, yaitu tanggal 20-21 Oktober 2020. Kegiatan ini merupakan suatu hal yang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini pelatihan kompetensi untuk Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dirangkai dalam satu rangkaian acara. Kegiatan ini juga menjadi momen kembalinya pelatihan TOAFL yang sejak beberapa tahun lalu absen dari program kerja UKM SPEAC.

                Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan pada hari Selasa pukul 08.00 di ruang D6 kampus 1 IAIN Pekalongan yang diikuti oleh perwakilan peserta dan panitia. Setelah pembukaan, peserta  pelatihan TOAFL diarahkan untuk menuju ruang D2, sementara peserta pelatihan TOEFL tetap di ruangan D6 untuk memulai pelatihan.

                Hari pertama pada pelatihan TOEFL diisi dengan dua materi. Materi pertama adalah listening oleh Bapak Fachri Ali, M. Pd. Setelah istirahat dilanjutkan dengan materi kedua yaitu mengenai structure yang diisi oleh Ibu Chubbi Millatina, M. Pd. Sementara itu pada pelatihan TOAFL hari pertama diisi oleh Habib Ahmad Assegaf, Lc., M. Pd., dengan materi fahmul masmu’. Kemudian setelah jeda istirahat dilanjutkan dengan materi berikutnya yaitu fahmul maqru’ yang dibawakan oleh Bapak Rahmad Sumiarijaya, M. PI.

                Pada hari kedua, pelatihan TOAFL dilanjutkan dengan materi qowaid oleh Bapak Very Setiawan, Lc., M. H. Setelah jeda istirahat, para peserta mengikuti post-test berupa simulasi tes TOAFL untuk menguji pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan. Sementara itu pada pelatihan TOEFL berlangsung sedikit lebih lama karena masih ada dua materi yang disampaikan pada hari tersebut, yaitu materi reading oleh Ibu Eros Meilina Sofa, M.Pd dan written expression oleh Bapak Muhammad Jauhari Sofi, M. A. Pelatihan TOEFL juga diakhiri dengan ­­post-test, sekaligus menutup rangkaian kegiatan PKBA 2020.

                Terlaksananya kegiatan ini tidak lepas dari berbagai kendala dan kekurangan, namun secara umum kegiatan PKBA ini mendapatkan respon yang cukup positif dari para peserta. “Kegiatan seperti ini bagus untuk dilaksanakan, namun perlu evaluasi lebih lanjut agar ke depannya bisa dilaksanakan dengan lebih baik dan efektif. Harapannya dengan langkah tersebut, para perserta bisa memperoleh skor yang mumpuni”, ungkap Robbaiti Hadawiyah, salah satu mahasiswi yang mengikuti pelatihan. Sebagian dari mereka pada mulanya tidak mengetahui mengenai materi, tips, dan trik dalam mengerjakan soal TOEFL ataupun TOAFL. Setelah mengikuti acara ini, setidaknya mereka memiliki bekal tambahan yang lebih baik dari sebelumnya.

HALAQAH 2020

Masa Pandemi Belum Berakhir, Kegiatan Penyambutan Anggota Baru UKM SPEAC 2020 Dikemas dalam Acara Halaqoh Online

(Ahad, 20 September 2020). Setelah masa penerimaan anggota baru, UKM SPEAC mengadakan kegiatan Halaqoh sebagai penyambutan atas bergabungnya para mahasiswa, yang mayoritas adalah mahasiswa baru, sebagai anggota UKM SPEAC 2020. Kegiatan in dilakukan melalui media google meet dengan diikuti oleh sekitar 250 peserta. Acara ini dilaksanakan sebagai pengenalan tahap awal mengenai UKM SPEAC baik dari segi organisasi maupun dari segi pembelajaran bahasa.

Acara dibuka dengan prosesi pembukaan dan sambutan-sambutan. Setelah itu para peserta mendapat beberapa materi yaitu mengenai motivasi belajar Bahasa Arab yang dibawakan oleh Bapak Jauhar Ali, M. Pd.I. yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Pekalongan, motivasi untuk belajar Bahasa Inggris yang disampaikan oleh Ibu Noorma Fitriana M. Zain, M.Pd. yang merupakan dosen Tadris Bahasa Inggris di IAIN Pekalongan, dan materi mengenai UKM SPEAC yang dibawakan oleh Saudari Fiky Nailil Amani, S.Pd. selaku ketua UKM SPEAC periode 2018.

Sebagai kegiatan yang dilaksanakan secara online tentu terdapat beberapa kendala teknis yang dihadapi, namun pada akhirnya acara ini tetap dapat berjalan sesuai dengan tujuannya.

Speac Goes to Village

SPEAC up!! ?

Uhuyyyyy!!! ?

 

Hi guys!!!

How’s it going? Hopefully always given health?.

 

UKM SPEAC IAIN Pekalongan proudly present

▬▬▬▬▬ஜ۩۩ஜ▬▬▬▬▬

SPEAC Goes to Village _Special Muharram

 

Sehubungan dengan sedang memasukinya bulan Muharram yang penuh berkah ini, yukk tebarkan kebaikan dan kebahagiaan untuk anak yatim piatu & dhuafa'.

 

" And serve Allah. Ascribe no thing as partner unto Him. (Show) kindness unto parents, and unto near kindred, and orphans, and the needy, and unto the neighbour who is of kin (unto you) and the neighbour who is not of kin, and the fellow-traveller and the wayfarer and (the slaves) whom your right hands possess. Lo! Allah loveth not such as are proud and boastful" (QS An nisa : 36)

 

Untuk itu kami dari UKM SPEAC ingin mengajak teman-teman semua untuk ikut menabung dan meraih pahala melalui aksi Santunan Anak Yatim Piatu yang insya ALLAH akan dilaksanakan pada :

 

?️ Kamis, 17 September 2020

?️ 09:00 WIB - Selesai

? Yayasan Panti Asuhan Antik Kradenan.

 

? SALURKAN DONASI ANDA MELALUI: ?

BRI - 5968 0102 0487 536 - A.n NOVIA DEWI KUSUMA

BCA - 2380999997 - A.n FA'IQOTUL MUTIA

 

? DONASI BENTUK LAIN HUB: ?

? 0895618480572 : NOVIA

 

?Info & Konfirmasi Transfer hub :

Itul (088227559731)

Novia (0895618480572)

 

Thankyou.??

Wassalamu'alaikum W W

Page 1 of 4
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree