Kegiatan

Pelatihan Kompetensi Bahasa Asing

Sedikit Berbeda dari Tahun Sebelumnya, Kegiatan Pelatihan Kompetensi Bahasa Asing Sukses Dilaksanakan

                Sebagai bentuk partisipasi dalam pengembangan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di kampus, UKM SPEAC mengadakan kegiatan yang diberi tajuk “Pelatihan Kompetensi Bahasa Asing” atau bisa disingkat PKBA. Dalam PKBA terdapat dua macam pelatihan yaitu pelatihan TOEFL dan pelatihan TOAFL. Sasaran utama kegiatan ini adalah mahasiswa IAIN Pekalongan semester lima atau lebih dan juga pengurus UKM SPEAC. Masing-masing dari pelatihan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta dan dilakukan dalam dua hari, yaitu tanggal 20-21 Oktober 2020. Kegiatan ini merupakan suatu hal yang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini pelatihan kompetensi untuk Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dirangkai dalam satu rangkaian acara. Kegiatan ini juga menjadi momen kembalinya pelatihan TOAFL yang sejak beberapa tahun lalu absen dari program kerja UKM SPEAC.

                Kegiatan dimulai dengan acara pembukaan pada hari Selasa pukul 08.00 di ruang D6 kampus 1 IAIN Pekalongan yang diikuti oleh perwakilan peserta dan panitia. Setelah pembukaan, peserta  pelatihan TOAFL diarahkan untuk menuju ruang D2, sementara peserta pelatihan TOEFL tetap di ruangan D6 untuk memulai pelatihan.

                Hari pertama pada pelatihan TOEFL diisi dengan dua materi. Materi pertama adalah listening oleh Bapak Fachri Ali, M. Pd. Setelah istirahat dilanjutkan dengan materi kedua yaitu mengenai structure yang diisi oleh Ibu Chubbi Millatina, M. Pd. Sementara itu pada pelatihan TOAFL hari pertama diisi oleh Habib Ahmad Assegaf, Lc., M. Pd., dengan materi fahmul masmu’. Kemudian setelah jeda istirahat dilanjutkan dengan materi berikutnya yaitu fahmul maqru’ yang dibawakan oleh Bapak Rahmad Sumiarijaya, M. PI.

                Pada hari kedua, pelatihan TOAFL dilanjutkan dengan materi qowaid oleh Bapak Very Setiawan, Lc., M. H. Setelah jeda istirahat, para peserta mengikuti post-test berupa simulasi tes TOAFL untuk menguji pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan. Sementara itu pada pelatihan TOEFL berlangsung sedikit lebih lama karena masih ada dua materi yang disampaikan pada hari tersebut, yaitu materi reading oleh Ibu Eros Meilina Sofa, M.Pd dan written expression oleh Bapak Muhammad Jauhari Sofi, M. A. Pelatihan TOEFL juga diakhiri dengan ­­post-test, sekaligus menutup rangkaian kegiatan PKBA 2020.

                Terlaksananya kegiatan ini tidak lepas dari berbagai kendala dan kekurangan, namun secara umum kegiatan PKBA ini mendapatkan respon yang cukup positif dari para peserta. “Kegiatan seperti ini bagus untuk dilaksanakan, namun perlu evaluasi lebih lanjut agar ke depannya bisa dilaksanakan dengan lebih baik dan efektif. Harapannya dengan langkah tersebut, para perserta bisa memperoleh skor yang mumpuni”, ungkap Robbaiti Hadawiyah, salah satu mahasiswi yang mengikuti pelatihan. Sebagian dari mereka pada mulanya tidak mengetahui mengenai materi, tips, dan trik dalam mengerjakan soal TOEFL ataupun TOAFL. Setelah mengikuti acara ini, setidaknya mereka memiliki bekal tambahan yang lebih baik dari sebelumnya.

HALAQAH 2020

Masa Pandemi Belum Berakhir, Kegiatan Penyambutan Anggota Baru UKM SPEAC 2020 Dikemas dalam Acara Halaqoh Online

(Ahad, 20 September 2020). Setelah masa penerimaan anggota baru, UKM SPEAC mengadakan kegiatan Halaqoh sebagai penyambutan atas bergabungnya para mahasiswa, yang mayoritas adalah mahasiswa baru, sebagai anggota UKM SPEAC 2020. Kegiatan in dilakukan melalui media google meet dengan diikuti oleh sekitar 250 peserta. Acara ini dilaksanakan sebagai pengenalan tahap awal mengenai UKM SPEAC baik dari segi organisasi maupun dari segi pembelajaran bahasa.

Acara dibuka dengan prosesi pembukaan dan sambutan-sambutan. Setelah itu para peserta mendapat beberapa materi yaitu mengenai motivasi belajar Bahasa Arab yang dibawakan oleh Bapak Jauhar Ali, M. Pd.I. yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Pekalongan, motivasi untuk belajar Bahasa Inggris yang disampaikan oleh Ibu Noorma Fitriana M. Zain, M.Pd. yang merupakan dosen Tadris Bahasa Inggris di IAIN Pekalongan, dan materi mengenai UKM SPEAC yang dibawakan oleh Saudari Fiky Nailil Amani, S.Pd. selaku ketua UKM SPEAC periode 2018.

Sebagai kegiatan yang dilaksanakan secara online tentu terdapat beberapa kendala teknis yang dihadapi, namun pada akhirnya acara ini tetap dapat berjalan sesuai dengan tujuannya.

Speac Goes to Village

SPEAC up!! ?

Uhuyyyyy!!! ?

 

Hi guys!!!

How’s it going? Hopefully always given health?.

 

UKM SPEAC IAIN Pekalongan proudly present

▬▬▬▬▬ஜ۩۩ஜ▬▬▬▬▬

SPEAC Goes to Village _Special Muharram

 

Sehubungan dengan sedang memasukinya bulan Muharram yang penuh berkah ini, yukk tebarkan kebaikan dan kebahagiaan untuk anak yatim piatu & dhuafa'.

 

" And serve Allah. Ascribe no thing as partner unto Him. (Show) kindness unto parents, and unto near kindred, and orphans, and the needy, and unto the neighbour who is of kin (unto you) and the neighbour who is not of kin, and the fellow-traveller and the wayfarer and (the slaves) whom your right hands possess. Lo! Allah loveth not such as are proud and boastful" (QS An nisa : 36)

 

Untuk itu kami dari UKM SPEAC ingin mengajak teman-teman semua untuk ikut menabung dan meraih pahala melalui aksi Santunan Anak Yatim Piatu yang insya ALLAH akan dilaksanakan pada :

 

?️ Kamis, 17 September 2020

?️ 09:00 WIB - Selesai

? Yayasan Panti Asuhan Antik Kradenan.

 

? SALURKAN DONASI ANDA MELALUI: ?

BRI - 5968 0102 0487 536 - A.n NOVIA DEWI KUSUMA

BCA - 2380999997 - A.n FA'IQOTUL MUTIA

 

? DONASI BENTUK LAIN HUB: ?

? 0895618480572 : NOVIA

 

?Info & Konfirmasi Transfer hub :

Itul (088227559731)

Novia (0895618480572)

 

Thankyou.??

Wassalamu'alaikum W W

"SUKSES PADA SEMINAR SEBELUMNYA, UKM SPEAC KEMBALI MENGADAKAN SEMINAR KEDUA YANG TAK KALAH SERU"

Kamis, 13 Agustus 2020 UKM SPEAC (Spirit English And Arabic Club) mengadakan seminar berkolaborasi dengan lembaga Ghesanva Pedia. Seminar kali ini mengangkat tema mengenai IELTS yang di kemas dalam tajuk "English for International Opportunities with IELTS".

Seminar kali ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa dan umum yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai IELTS.
Dengan diadakannya seminar ini, dapat mengisi waktu produktif kita selama masa pandemi yang tak kunjung usai.

Antusiasme peserta terlihat sejak di buka pendaftaran dengan kuota peserta 250 orang, dimana hanya dalam dua hari sudah full. Hingga masih ada banyak peserta lain yang belum beruntung untuk mengikuti seminar kali ini. Panitia memohon maaf dan berharap semoga lain waktu peserta yang tidak kebagian slot dapat mengikuti seminar online berikutnya.

Pada hari kamis (13/08/20) pukul 15.30 WIB, seminar dibuka oleh moderator yang merupakan salah satu pengurus UKM SPEAC Salika Nahja. Setelah pembukaan dan memperkenalkan tentang SPEAC dan Ghesanva Pedia dilanjutkan dengan pengantar IELTS oleh teman dari UKM SPEAC pula, Uvi Nur Annisa sebagai supporting speaker. Pada sesi ini dibahas secara umum mengenai pengertian dan kegunaan apa saja jika peserta bisa mendapat skor IELTS yang tinggi.

Memasuki acara inti yaitu materi mengenai IELTS, dimana sesi pertama di sampaikan oleh teman dan sekaligus founder Ghesanva Pedia, Eva Andriani dari Indonesia yang menyampaikan materi mengenai listening dan writing.
Kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab peserta. Beberapa pertanyaan dijawab dengan apik dan jelas oleh Eva Andriani.

Selanjutnya sesi yang kedua disampaikan oleh Ruosong Gao dari China yang menggunakan nama panggilan sebagai Harry.
Pada sesi ini Harry menjelaskan secara lugas mengenai speaking dan reading. "Be confident" itulah yang di lontarkan oleh Harry pada slide power point nya. Setelah pemaparan yang cukup panjang, kemudian Harry menjawab pertanyaan yang maduk dari beberapa peserta. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan sangat bagus oleh Harry.

Sebelum menutup acara terdapat sesi tanya jawab secara umum bagi para peserta, dan semua pertanyaan dijawab dengan jelas oleh para pembicara. Acara berlangsung sangat santai walaupun materi yang diangkat cukup memusingkan menurut sebagian orang. Seminar berakhir sekitar pukul 17.00 WIB. Beberapa peserta memberikan feedback yang bagus untuk acara ini ada juga sebagian yang masih menanyakan lagi mengenai Ghesanva Pedia kepada Ka Eva selaku founder Ghesanva Pedia. Para peserta merasa senang karena dapat belajar materi IELTS secara gratis dan mendapat pengalaman serta ilmu baru dari para pembicara dari negara lain.

 

   Sabtu, 18 Juli 2020. UKM SPEAC (Spirit English and Arabic Club) berkolaborasi dengan lembaga CORE Learning sukses menyelanggarakan seminar online bertaraf internasional. Seminar ini mengangkat tema mengenai traveling yang dikemas dengan tajuk “Speak Up, Explore The World & Enhance Your Knowledge”.

   Seminar ini menjadi salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat khususnya bagi para mahasiswa untuk membuka memperkaya wawasan. Dilaksanakannya seminar ini secara online membuat para peserta mampu menambah kegiatan produktif dari rumah selama masa pandemi covid-19 belum kunjung selesai.

   Sejak publikasi dan pendaftaran dibuka pada hari Kamis malam (16/07/20), kuota peserta langsung penuh hanya dalam beberapa jam. Panitia pun merasa cukup terkejut dengan antusiasme yang sangat tinggi dari para calon peserta. Sayangnya karena seminar ini dilakukan melalui platform Google Meet yang hanya mampu memuat 250 peserta, maka pendaftaran pun segera ditutup ketika kuota telah terpenuhi.

    Pada  hari Sabtu (18/07/20) para pukul 16.00 WIB, seminar dibuka dengan sapaan dari moderator yang berasal dari UKM SPEAC, Uvi Nur Annisa. Sebagian besar peserta sudah menunggu sejak beberapa menit sebelumnya. Setelah pembukaan dan sedikit memperkenalkan mengenai UKM SPEAC dan CORE Learning kepada semua peserta, agenda dilanjutkan oleh Mr.Choerul Anwar sebagai supporting speaker. Beliau memberikan beberapa motivasi bagi para peserta yang mengikuti kegiatan ini.

   Acara memasuki sesi materi pertama dengan pembicara yang berasal dari Italia yaitu Stefano Gilotto. Ia membawakan presentasi mengenai pengalamannya dalam mengunjungi beberapa negara. Pria yang pernah memberikan dedikasinya sebagai relawan sosial di Indonesia tersebut  berbagi cerita dan wawasannya serta hal-hal unik yang ia alami ketika mengunjungi negara lain. Setelah penyampaian materi selesai, terdapat beberapa pertanyaan yang berasal dari para peserta den semunya dijawab dengan baik oleh Stefano. Moderator berperan penting dalam hal ini untuk menyampaikan maksud para penanya kepada pembicara.

   Sesi berikutnya diisi oleh pembicara yang berasal dari Rumania yaitu Roxana Maria Cioara. Wanita yang telah berkunjung ke lebih dari 30 negara di dunia ini memulai sesi dengan menjelaskan mengeni kampung halamannya. Ia menunjukkan berbagai hal menarik yang ada di Rumania. Kemudian dilanjutkan dengan cerita dan berbagai pelajaran berharga yang Ia dapatkan dari pengalamannya ketika mengunjungi berbagai negara di dunia. Pada Sesi ini juga terdapat kesempatan bertanya dan tentunya kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para peserta.

   Sebelum ditutup dengan kesimpulan, moderator memberikan sesi tanya jawab bebas bagi para peserta dan semuanya dijawab dengan baik oleh para pembicara. Seminar berakhir sekitar pukul 17.30 WIB. Para peserta yang mendapat kesempatan untuk mengikuti acara ini merasa sangat senang karena bisa mendapatkan pelajaran yang berharga dan memperoleh pengalaman berada dalam sebuah forum untuk berinteraksi dengan para pembicara yang berasal dari negara lain.

khotmil qur'an

Pekalongan-Tidak banyak orang yang tahu, salah satu waktu yang sangat mustajab untuk berdoa adalah ketika khatam Al Quran. Ini merupakan satu diantara pintu-pintu untuk mendapatkan kelapangan dalam hidup. UKM SPEAC IAIN Pekalongan proudly event "KHOTMIL QUR'AN DARING BERSAMA KELUARGA SPEAC" diselenggarakan pada 1-30 April 2020 di Grub Whatsapp.

Kegiatan ini mendapat partisipasi dari anggota dan pengurus UKM SPEAC IAIN Pekalongan. Do'a Khotmil Qur'an dipimpin oleh Sdr.Muhammad Khidir selaku Koordinatot Divisi Public Relation. Khotmil Qur'an Berjalan dengan lancar dan sukses mengkhatamkan 3 kali khatam al-Qur'an dalam kurun waktu 1 bulan di bulan suci ramadhan.

Event khotmil Qur'an ini guna mendorong dan meningkatkan keimanan.ketaqwaan kecintaan kepada allah SWT,mengisi bulan suci ramadhan dengan keberkahan rahmat allah dari membaca al-Quran sekaligus Do'a bersama untuk Negara Indonesia.

 ---------Speac up UHUY ---------

Page 1 of 3
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree